Home LABORATORIUM

LABORATORIUM

by webadmin

Laboratorium Karantina Hewan & Karantina Tumbuhan

A.     Sasaran, Tugas Pokok, dan Fungsi

Tujuan dan sasaran kegiatan Laboratorium Karantina Pertanian Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado tahun 2018 merupakan kelanjutan dari tujuan dan sasaran tahun 2017 yang mengacu pada tugas dan fungsi Badan Karantina Pertanian. Berdasarkan hal tersebut, maka ditetapkan:

1.   Sasaran

Laboratorium Karantina Pertanian Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado menyusun visi sesuai dengan peran dan kompetensi

  1. Penerapan Sistem Manajemen Mutu Laboratorium sesuai dengan ISO/IEC 17025:2005 atau SNI ISO/IEC 17025:2008 secara berkesinambungan.
  2. Pemberian jaminan kesesuaian dengan standar waktu pengujian untuk meminimalkan keluhan pelanggan, yakni :
  • Pengujian Virologi :1hari kerja (sampel dalam bentuk bahan asal hewan dan hasil bahan asal hewan,  metode HA/HI AI).
  • Pengujian Entomologi (Serangga): 1 hari kerja (sampel dalam bentuk komoditi tumbuhan, metode visual mikroskopis).

3. Peningkatan standar mutu pelayanan pengujian laboratorium secara berkesinambungan melalui:

  • Program peningkatan kompetensi sumberdaya manusia yang kompeten, terlatih dan berkesinambungan melalui pelatihan – pelatihan.
  • Peralatan yangterkalibrasi dan pemeliharaanyang terprogram.
  • Bahan ujistandar dan bersertifikat serta tervalidasi.

2. Tugas Pokok dan Fungsi

  1. Melaksanakan Kegiatan Pengujian Laboratorium Karantina Hewan dan Tumbuhan.
  2. Laboratorium Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan sanggup menyelesaikan pengujian dalam waktu maksimal 7 hari kerja. Dalam hal kondisi yang menyimpang dari yang ditentukan, laboratorium berkewajiban memberikan informasi kepada pelanggan.
  • B. Sarana

  • Gedung Laboratorium Karantina Pertanian BKP I Manado merupakan bangunan 2 lantai dilengkapi dengan ruangan pengujian laboratorium Karantina Tumbuhan di Lantai 1 dan ruangan pengujian laboratorium Karantina Hewan di Lantai 2. Ruangan pengujian Laboratorium Karantina Tumbuhan terdiri dari Laboratorium Entomologi dan Laboratorium Mikologi, sedangkan ruangan pengujian Laboratorium Karantina Hewan terdiri dari Laboratorium Virologi dan Laboratorium Mikrobiologi. Untuk mendukung kegiatan pengujian laboratorium, ada tersedia ruang penerimaan sampel dan barcode, ruang arsip, ruang pertemuan, ruang staf, ruang ganti, dapur dan ruang makan.
  • Sebagai sarana pendukung dalam pelaksanaan kegiatan, Laboratorium Karantina Pertanian BKP Kelas I Manado pada tahun 2018 telah meningkatkan/ menambah sarana penelitian berupa Atomic Absorption Spectrometry yang digunakan untuk mengukur kandungan logam dari suatu media pembawa.Atomic Absorption Spectrophotometry (AAS) atau Spektrofotometri Serapan Atom adalah salah satu jenis analisa spektrofometri dimana dasar pengukurannya adalah pengukuran serapan  suatu sinar  oleh suatu atom, sinar yang tidak diserap, diteruskan dan diubah menjadi sinyal listrik yang terukur. AAS merupakan suatu metode yang populer untuk analisa logam, karena disamping sederhana, juga sensitif dan selektif.
  • C. Kegiatan Laboratorium

  • Laboratorium Karantina Pertanian BKP Kelas I Manado merupakan laboratorium pemerintah yang memfokuskan diri pada uji laboratorium terhadap komoditas yang dilalulintasbebaskan. Hal ini dilakukan guna mencegah masuk dan tersebarnya penyakit hewan dan tumbuhan yang termasuk OPTK A1 maupun A2 yang terbawa melalui media pembawa.Adanya OPTK A1 ataupun A2 didalam media pembawa menjadikan media pembawa tersebut dapat dilalulintasbebaskan ataupun tidak. Oleh karena itu, keberadaan suatu OPTK didalam media pembawa sangat penting kaitannya sebagai salah satu pertimbangan dalam pengambilan keputusan petugas karantina.Dalam pengambilan keputusan tersebut petugas karantina dituntut melakukannya secara ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hasil pemeriksaan laboratorium merupakan data yang digunakan oleh petugas karantina dalam pengambilan keputusan berdasarkan justifikasi ilmiah. Oleh  karena itu, laboratorium pengujian yang sudah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) merupakan langkah strategis dalam rangka memberikan informasi hasil pemeriksaan dan pengujian di Laboratorium Karantina Pertanian yang lebih terpercaya dan tertelusuri serta dapat diterima secara internasional.

    Laboratorium Karantina Pertanian BKP Kelas I Manado telah menjalankan sistem manajemen mutu laboratorium. Budaya mutu merupakan suatu sistem yang harus diterapkan setiap personal terkait dan harus terdokumentasi dengan baik setiap tahapan kerja yang dilakukan sesuai dengan dokumen yang tertuang dalam dokumen persyaratan SNI ISO/IEC 17025:2008. Terkait dengan hal tersebut, Laboratorium Karantina Tumbuhan BKP Kelas I Manado telah menerima akreditasi dari KAN untuk sistem mutu laboratorium SNI ISO/IEC 17025:2008 dengan nomor LP-1286-IDN.

  • Dalam rangka mendukung terselenggaranya Sistem Manajemen Laboratorium tersebut perlu adanya sarana dan prasarana yang secara langsung berkaitan dengan Anggaran yang terencana dengan baik. Laboratorium Karantina Pertanian BKP Kelas I Manado telah melakukan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan Akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008.