Home STANDAR PELAYANAN PUBLIK BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS I MANADO

STANDAR PELAYANAN PUBLIK BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS I MANADO

by Wj
  1. Latar Belakang

Pelayanan publik yang diberikan intansi Pemerintah kepada masyarakat merupakan perwujudan fungsi aparatur negara sebagai abdi masyarakat. Sebagaimana diketahui tujuan reformasi birokrasi adalah perbaikan kualitas pelayanan publik, namun dirasakan penyelenggaraan pelayanan pada saat ini masih dihadapkan pada kondisi yang belum sesuai dengan kebutuhan dan perubahan yang diinginkan serta belum sepenuhnya mencerminkan prinsip-prinsip good and clean governance. Kondisi ini perlu disikapi secara bijak melalui langkah-langkah perbaikan dan penyempurnaan secara berkesinambungan guna menciptakan pelayanan yang optimal sekaligus membangun kepercayaan masyarakat.

Selain itu, reformasi birokrasi yang telah dicanangkan dan diimplementasikan mengharuskan setiap satuan kerja untuk lebih transparan untuk memberikan layanan terhadap publik. Pemberi layanan harus dapat memberikan informasi-informasi yang terkait pelayanan yang diberikan, meliputi dasar hukum pelayanan, jenis-jenis pelayanan, mekanisme dan prosedur pelayanan, biaya layanan, kompetensi petugas pelayanan serta yang terpenting adalah jaminan atau komitmen pemberi layanan bahwa pelayanan yang diberikan tidak menyimpang dari ketentuan yang berlaku.

Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas I Manado merupakan Unit Pelayanan Teknis (UPT) di lingkungan Kementerian Pertanian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Karantina Pertanian. Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado memiliki tugas pokok dan fungsi mencegah masuk dan tersebarnya Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) dari luar negeri dan dari suatu area ke area lainnya di dalam serta keluarnya dari wilayah Republik Indonesia. Dalam menjalankan tugasnya tersebut BKP Kelas I Manado memerlukan standar pelayanan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pegguna jasa agar memperoleh informasi yang jelas dan pelayanan yang optimal. Pelayanan yang diberikan oleh BKP Kelas I Manado berupa pelayanan dalam bentuk pelayanan jasa dan pelayanan administratif.

Sebagai wujud komitmen untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja pelayanan, BKP Kelas I Manado memandang perlu untuk menyusun, menetapkan, mereview dan mengimplementasikan suatu Standar Pelayanan Publik. Dimana standar pelayanan ini diharapkan sebagai alat penting untuk membenahi proses kinerja internal. Diharapkan dengan ditetapkannya standar pelayanan ini, kegiatan pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat dapat lebih fokus, terukur, efektif, efisien, berkualitas, memuaskan dan transparan serta akuntabel dalam rangka mendukung visi dan misi Badan Karantina Pertanian.

Maksud dan Tujuan

Maksud dari standar pelayanan ini merupakan sebagai acuan bagi penyelenggara/pelaksana pelayan publik dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa.

Tujuan penetapan standar pelayanan publik ini, adalah :

  1. Meningkatkan pelayanan tindakan karantina terhadap hewan yang dimasukkan ke dalam, dibawa atau dikirim dari suatu area ke area lain di dalam dan dikeluarkan dari wilayah Negara Republik Indonesia;
  2. Meningkatkan pelayanan tindakan karantina terhadap produk hewan yang dimasukkan ke dalam, dibawa atau dikirim dari suatu area ke area lain di dalam dan dikeluarkan dari wilayah Negara Republik Indonesia;
  3. Meningkatkan pelayanan tindakan karantina terhadap benih/bibit tumbuhan yang dimasukkan ke dalam, dibawa atau dikirim dari suatu area ke area lain di dalam dan dikeluarkan dari wilayah Negara Republik Indonesia;
  4. Meningkatkan pelayanan tindakan karantina terhadap hasil tumbuhan yang dimasukkan ke dalam, dibawa atau dikirim dari suatu area ke area lain di dalam dan dikeluarkan dari wilayah Negara Republik Indonesia.
  1. Sasaran

Sasaran dari penetapan standar pelayanan ini adalah tercapainya kepuasan pengguna jasa dalam percepatan peningkatan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat yaitu pelayanan yang mudah, cepat dan terjangkau yang merupakan harapan BKP Kelas I Manado.

  1. Visi, Misi, Moto dan Maklumat Pelayanan

Visi, Misi, Moto dan Maklumat Pelayanan adalah sebagai arah dan langkah tahapan yang perlu dituangkan dalam standar pelayanan publik yang dipasang pada ruang pelayanan, mudah dibaca dan digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi BKP Kelas I Manado. Adapun Visi, Misi, Moto dan Maklumat Pelayanan, yaitu :

VISI                                                : Menjadi Balai Karantina Pertanian tangguh dan terpercaya

MISI                                                :

1. Melindungi kelestarian Sumber Daya Alam Hayati Hewan dan Tumbuhan dari serangan hama dan penyakit hewan karantina (HPHK), dan organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK);

2.   Mendukung terwujudnya keamanan pangan;

3. Memfasilitasi perdagangan dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan akses pasar komoditas pertanian

4.   Meningkatkan citra dan kualitas layanan publik

MOTO                                            : “ We Serve and We Prevent (Kami Melayani dan Kami Mencegah)”

MAKLUMAT PELAYANAN : Dengan Ini Kami Menyatakan Sanggup Menyelenggarakan Pelayanan Sesuai Standar Pelayanan Yang Telah Ditetapkan Dan Apabila Tidak Menepati Janji Ini, Kami Siap Menerima Sangsi Sesuai Peraturan Perundang-Undangan Yang Berlaku.

  • Kesesuaian dengan Sistem Manajemen Lain

UPT BKP Kelas I Manado yang telah memiliki standar pelayanan dengan pertimbangan khusus pada ketentuan dalam ISO 9001:2008, wajib menyesuaikan dengan Standar Pelayanan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012.

Sistem manajemen terkait dapat diselaraskan atau dipadukan dengan sistem manajemen pelayanan publik ini dengan memenuhi pesyaratan persyaratan standar ini. Penyesuaian sistem manajemen yang ada dimungkinkan bagi UPT BKP Kelas I Manado agar dapat menetapkan sistem manajemen mutu pelayanannya.