Home Tanggung Jawab Manajemen

Tanggung Jawab Manajemen

by Wj
  • Komitmen Manajemen

Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado berkomitmen terhadap pengembangan dan penerapan sistem manajemen mutu dan secara terus menerus memperbaiki kefektifannya dengan :

  1. Mengkomunikasian pentingnya pemenuhan persyaratan pelanggan dan peraturan yang berhubungan dengan pemenuhan persyaratan pelanggan;
  2. Menetapkan kebijakan pelayanan untuk segera dipahami oleh pegawai sebagai bentuk pernyataan komitmen, yang dipampang di lokasi-lokasi strategis untuk mempermudah pegawai membacanya agar memiliki kesadaran dan pemahaman akan tujuan yang akan dicapai berkaitan dengan penerapan sistem pelayanan;
  3. Menetapkan kebijakan pelayanan;
  4. Melaksanakan tinjauan manajemen;
  5. Menyediakan sumber daya yang memadai untuk menjamin efektivitas terselenggaranya pelayanan.
    1. Fokus Kepada Kepuasan Pelanggan

Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado berupaya untuk selalu memperhatikan dan memenuhi persyaratan pelanggan melalui :

  1. Memperhatikan dan memantau kegiatan pelayanan secara periodik terhadap perkembangan proses pelayanan dan hambatan-hambatan yang ditemui;
    1. Menyediakan akses elektronik untuk kemudahan dan kelancaran memperoleh informasi yang diperlukan terkait pelayanan karantina, registrasi dan keperluan lain.
    1. Melakukan survey untuk memperoleh umpan balik dari pelanggan melalui kegiatan indeks kepuasan masyarakat (ikm), dan kotak pengaduan. Hasil umpan balik dari pelanggan, dilakukan analisis dan dipergunakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan efektifitas sistem manajemen mutu. Pelaksanaan kegiatan ikm dilakukan dua kali dalam setahun (per semester), sedangkan kolom pengaduan dapat diakses setiap saat.
    1. Kebijakan Mutu

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado menetapkan kebijakan mutu dengan mempertimbangkan :

  1. Kesesuaian dengan visi dan misi Balai Karantina Pertanian Kelas I manado
  2. Mencakup komitmen untuk memenuhi persyaratan pelanggan dan untuk meningkatkan keefektifan sistem manajemen pelayanan;
  3. Menyediakan kerangka kerja untuk menetapkan dan meninjau sasaran pelayanan;
  4. Dikomunikasikan dan dipahami oleh semua pihak;
  5. Meninjau secara terus menerus
    1. Perencanaan

Sasaran Pelayanan Pengguna Jasa

Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado memiliki sasaran pelayanan yaitu mencapai 90% kepuasan pengguna jasa setiap bulannya.

 Perencanaan Sistem Manajemen Pelayanan

Kepala Balai harus memastikan bahwa :

  1. Perencanaan sistem manajemen mutu dilakukan untuk memenuhi persyaratan yang diberikan yang tertuang dalam persyaratan umum;
  2. Integritas sistem manajemen mutu dipelihara, apabila terdapat perubahan pada sistem manajemen mutu direncanakan dan diimplementasikan dengan memperhatikan konsistensi.
    1. Tanggung Jawab, Wewenang Dan Komunikasi

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado menetapkan tanggung jawab dan wewenang yang kemudian diinstruksikan ke seluruh personel yang terlibat dalam penyelenggaraan pelayanan.

  • Kompetensi Pelaksana

Dalam rangka pelayanan publik, Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado memiliki kompetensi pelaksanan sebagai berikut :

  1. Pejabat Struktural                               : 5 (lima) orang
  2. Bidang Karantina Hewan                 :
  3. Fungsional Medik Veteriner                            : 5 (empat) orang
  4. Tenaga Teknis Calon Medik Veteriner          : 3 (tiga) orang
  5. Fungsional Paramedik Veteriner                   : 7 (delapan) orang
  6. Bidang Karantina Tumbuhan          :
  7. Fungsional POPT Ahli                                     : 7 (empat) orang
  8. Tenaga Teknis Calon POPT Ahli                   : 3 (tiga) orang
  9. Fungsional POPT Penyelia                             : 2 (dua) orang
  10. Fungsional POPT Terampil                             : 6 (lima) orang
  11. Tenaga Teknis Calon POPT Terampil           : 1 (satu) orang
  12. Bidang Administrasi Umum              :
  13. Fungsional Umum                         : 8 (tujuh) orang
  14. Bendahara Pengeluaran              : 1 (satu) orang
  15. Bendahara Penerimaan               : 1 (satu) orang

Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado memiliki 49 (empat puluh sembilan) pegawai yang tersebar dalam beberapa penugasan di Kantor Balai, wilker Pelabuhan Laut Bitung, wilker Pelabuhan Laut Manado, wilker Bandara Udara Sam Ratulangi, wilker Pelabuhan Laut Tahuna dan wilker Pelabuhan Laut Melonguane. Jumlah pegawai di Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado itu pun masih didukung dengan penambahan petugas pelayanan dan administrasi yang terdiri dari 29 (dua puluh sembilan) orang Tenaga Harian Lepas.

Komposisi pegawai Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado yang beragam harus mengedepankan tugas pokok dan fungsi, dimana petugas teknis/operasional adalah petugas yang memiliki keahlian dan ketrampilan di bidangnya masing-masing (Karantina Hewan, Karantina Tumbuhan maupun petugas Laboratorium). Sedangkan untuk petugas fungsional umum juga terus dibekali dengan ketrampilan untuk menunjang pelaksanaan tugasnya melalui berbagai pelatihan.

Penetapan personil pelaksana dilakukan melalui identifikasi jenis, tahapan dan jumlah aktivitas pelayanan berdasarkan analisis beban kerja sesuai dengan kualifikasi aktivitas petugas pelayanan (petugas fungsional MV/PMV, POPT dan pembantu Bendahara Penyetor).

  • Jaminan Pelayanan Yang Memberikan Kepastian Pelayanan Dilaksanakan Sesuai dengan Standar Pelayanan

Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado melaksanakan pelayanan dengan:

  1. Ramah

Sikap dan perilaku petugas pelayanan yang memberikan pelayanan dengan Senyum, Salam dan Sapa serta Sabar dalam memberikan penjelasan kepada pengguna jasa karantina/pengguna layanan.

  • Tepat Waktu

Penetapan waktu layanan berdasarkan analisa resiko yaitu resiko rendah (1 jam – 1 hari), resiko sedang (1 jam – 3 hari) dan resiko berat (1 jam – 21 hari). Perhitungan waktu dimulai dari penanganan komoditas sampai dengan sertifikasi/penyerahan sertifikat

  • Transparan

Pengguna layanan dapat dengan leluasa mengetahui jumlah pungutan jasa Karantina berdasarkan PP Nomor 35 Tahun 2016 melalui tarif pungutan jasa di setiap kantor pelayanan. Pungutan tersebut merupakan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) yang disetor ke kas Negara

  • Tepat Hasil Pemeriksaan

Dalam mewujudkan tepat hasil pemeriksaan Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado telah mengembangkan kerjasama Laboratorium Pemerintah maupun Swasta yang terakreditasi, disamping mengembangkan teknologi/metodee uji pemeriksaan fisik maupun laboratorium untuk memberikan hasil yang tepat dan/atau terukur bagi pengguna layanan

  • Tepat Tindakan

Bahwa tindakan Karantina yang dilaksanakan senantiasa mengacu pada Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan

BKP Kelas I Manado memberikan jaminan kepastian pelayanan setelah pengguna jasa memenuhi beberapa ketentuan yang dipersyaratkan di bidang perkarantinaan dan ketentuan persyaratan :

  1. Dilengkapi sertifikat kesehatan dari negara asal dan negara transit;
    1. Melalui tempat-tempat pemasukan yang telah ditetapkan;
      1. Dilaporkan dan diserahkan kepada petugas karantina di tempat-tempat pemasukan, dan;
        1. Memenuhi prosedur, waktu dan biaya yang telah ditetapkan.

Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado memberikan pelayanan untuk :

  1. Pelayanan Administrasi Dokumen

Penetapan pelayanan administrasi dokumen perhitungannya dimulai waktu penyerahan dokumen yang dipersyaratkan lengkap, dan absah serta diberikan tanda bukti cap pengesahan dan tanda tangan verifikator pada form penerimaan dokumen KH (form. pengesahan kelengkapan dokumen) dan dokumen KT (Hasil Pemeriksaan Administrasi)

  • Pelayanan Teknis Karantina

Penetapan pelayanan  teknis karantina  perhitungannya  dimulai waktu sejak media pembawa diserahkan kepada petugas karantina untuk dilakukan pemeriksaan fisik, kesehatan dan laboratorium yang diperlukan serta diberikan tanda bukti cap pengesahan dan tanda tangan petugas karantina pada form pemeriksaan fisik dan hasil uji laboratorium yang dipersyaratkan untuk KH (form. pengesahan pelayanan tindakan karantina) dan Untuk KT (Hasil Pemeriksaan Fisik).